Kamis, 25 Juni 2009

Contoh Laporan Observasi Mahasiswa PGTK Cerdas Bangsa




LEMBAR KERJA OBSERVASI MAHASISWA
PGTK CERDAS BANGSA


Rabu, 21 Mei 2008

Di Klinik Bina Wicara Vacana Mandira
Jl. Kramat VII/27 Jakarta

Mata Kuliah : Permasalahan pada Anak dan Penanganannya
Dosen : Agustina A.Md TW., SPd
Nama Mahasiswa : Novitria Rusyadi
Kelas : III-e
Sifat : Take Home
Waktu : 4 hari (Senin kumpul)


A.IDENTITAS

1. Nama: Yohan
Terapis: Siti Kiptiah
2. Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 8 Mei 2001
3. Jenis Kelamin: Laki-laki
4. Kelas (jika sudah sekolah): -

B. DATA PENGAMATAN

1. Motorik Kasar:

Yohan mampu mengendalikan motorik kasarnya seperti, melompat, berlari, berguling-gulingan dsb.

2. Motorik Halus:

Dalam motorik halus, yohan tidak bermasalah. Yohan mampu memegang pensil dengan benar dan menebalkan huruf yang dibuat oleh terapisnya. Yohan juga mampu menyusun lawan dari gambar-gambar sederhana seperti, benang - jarum, baju - celana,dsb.

3. Tingkah laku & Sosial:

Yohan cendrung menyakiti diri sendiri dan orang lain pada saat ia marah. ia tidak suka apabila di perintahkan oleh terapisnya untuk menyebutkan kata dengan berulang-ulang. Apabila ia sudah bosan dengan permainan yang diberikan,yohan dengan cara langsung memukul,menggigit, menendang,dan menjambak-jambak rambut orang yang ada di dekatnya.Bahkan, ia sering memukul tangannya ke dinding apabila ia sudah terlalu kesal. untuk sosial,pertama-tama yohan tidak mau berkenalan dengan orang baru (tidak mudah menerima orang baru). Tapi setelah beberapa waktu kemudian,ia bersikap seperti biasanya.

4. Bahasa & Bicara:

Yohan lebih banyak diam.dan apabila ia menginginkan sesuatu,ia menggunakan bahasa isarat,seperti menunjuk sesuatu atau mengucap kata dengan tidak jelas. Yohan mengalami kesulitan dalam berbicara.

5. Menolong diri sendiri:

Yohan termasuk mampu dalam menolong diri sendiri. Pada saat buang air kecil, ia melakukan dengan sendirinya. Begitu juga pada saat membuka dan memakai pakaian,ia melakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

6. Kognitif:

Yohan sudah mampu memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, namun ia belum mampu mengenal bilangan & mengurutkan bilangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar