Selasa, 30 Juni 2009

Program Praktek Lapangan PGTK Cerdas Bangsa

Program Praktek Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah penutup pada lembaga Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Cerdas Bangsa. Pada program ini mahasiswa diberi kesempatan untuk menerapkan segala pengetahuan, keterampilannya yang diperolehnya selama program pendidikan berlangsung dari berbagai mata kuliah yang pernah diajarkan.

Dengan PPL mahasiswa dilatih secara sistematis untuk menerapkan teori pendidikan dan pengetahuan tentang profesionalisme guru dengan praktek langsung di lapangan pada kondisi nyata. Kemampuan yang diharapkan dari kegiatan PPL adalah pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh mahasiswa selama PPL untuk bekal tambahan dalam kaitan peningkatan guru di Taman Kanak-kanak.

A. Pengertian PPL

PPL (Program Praktek Lapangan) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon pendidik atau guru untuk merealisasikan teori-teori yang pernah diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan di lingkungan sekolah tempat praktek mengajar secara langsung.

B. Tujuan Kegiatan PPL

1. Tujuan Umum


Program Praktek Lapangan (PPL) bertujuan untuk membantu mahasiswa sebagai calon guru dalam mengenal dan memahami situasi dan kondisi secara langsung dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam pembelajaran di sekolah yang menjadi tempat prakteknya, sehingga dapat mengetahui persiapan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik atau guru di dalam memberikan pengajaran, bimbingan dan motivasi kepada peserta didik.

2. Tujuan Khusus

Karena Program Praktek Lapangan (PPL) ini merupakan suatu program untuk melatih para mahasiswa atau calon guru dalam menerapkan teori yang diperoleh tentang kependidikan ke dalam praktek yang dihadapinya, maka diharapkan mahasiswa atau calon guru dapat :

a. Memperoleh pengalaman guna mengetahui lebih jauh tentang pembelajaran di sekolah, sehingga akan membuat mahasiswa dapat lebih mempersiapkan dirinya dengan segenap kemampuan yang ada. Sehingga ketika suatu saat harus terjun ke sekolah yang sebenarnya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

b. Mendapatkan gambaran yang jelas tentang situasi dan kondisi yang sebenarnya dan mengenal hal-hal yang menunjang dan tercapainya pembelajaran yang lebih baik.

C. Kegunaan Kegiatan PPL

Program Praktek Lapangan (PPL) dapat memberikan banyak pengalaman dan ilmu yang berarti bagi mahasiswa atau calon guru yang profesional. Adapun kegunaan dari kegiatan PPL ini adalah :

1. Memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi di lingkungan sekolah (tempat praktek).

2. Menjelaskan berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa pada saat pelaksanaan PPL.

3. Sebagai salah satu syarat Akademik untuk menyelesaikan program pendidikan di PGTK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar